Rumah Sakit

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Bagi Pencernaan

jantung

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Bagi Pencernaan

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Bagi Pencernaan - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik Bagi Pencernaan

Rumah Sakit

Tue, 05 Dec 2017

Tahukah Anda bahwa saluran pencernaan merupakan organ yang sangat vital? Untuk itu sangatlah penting untuk menjaga saluran pencernaan agar selalu tetap sehat, yaitu dengan menerapkan cara makan yang baik. Cara makan yang baik adalah dengan memperlambat kecepatan makan agar jumlah makanan yang dikonsumsi bisa terukur dengan baik.

Usahakan juga menghindari minum berlebihan pada saat makan. Hal ini karena minum lebih dari satu gelas saat makan akan membuat pencernaan sulit mencerna makanan. Cukup minum sedikit air sebelum makan dan minum lagi dua jam sesudahnya. Cara minum seperti ini akan memudahkan penyerapan nutrisi dalam pencernaan. Selain itu, penting juga menghindari makanan dan minuman yang tidak baik bagi pencernaan. Berikut adalah makanan dan minuman yang tidak baik bagi pencernaan.

Makanan pencuci mulut yang digoreng

Makanan pencuci mulut pada dasarnya sudah mengandung kadar gula dan lemak yang tinggi. Apabila makanan tersebut dihidangkan dengan cara digoreng maka kadar lemaknya akan bertambah tinggi.

Makanan berlapis keju

Keju merupakan makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Lemak yang terkandung dalam keju ialah 10 kali lebih banyak dari daging putih dan ikan.

Makanan daging olahan

Makanan daging olahan seperti sosis, nugget, kornet, dan lain-lain sangat tidak baik bagi sistem pencernaan. Hal ini karena tidak jelas apa saja yang terkandung di dalam daging tersebut, sehingga kita tidak dapat mengetahui pula kandungan gizinya.

Sup kaleng

Sebenarnya sup adalah makanan sehat karena banyak mengandung sayuran. Namun, jika sup tersebut diawetkan dan dimasukkan ke dalam kemasan kaleng, kandungan gizinya jelas jauh berkurang.

Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak kalori dan tinggi gula. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis, gigi keropos (erosi gigi), dan serangan jantung.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat