Rumah Sakit

Vaksinasi yang Diperlukan Bagi Bayi

jantung

Vaksinasi yang Diperlukan Bagi Bayi

Vaksinasi yang Diperlukan Bagi Bayi - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Vaksinasi yang Diperlukan Bagi Bayi

Rumah Sakit

Tue, 05 Dec 2017

Vaksinasi sangatlah diperlukan bagi seorang bayi dan anak-anak. Dengan pemberian vaksin, maka seseorang akan lebih terlindungi dari bahaya penyakit. Menurut dr. Jonardi, SpA dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, bayi dan anak-anak sangatlah rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, pemberian vaksin harus dilakukan sejak bayi tersebut dilahirkan, guna kekebalan tubuh mereka dapat terjaga dengan baik.

Ada berbagai jenis vaksin yang dianjurkan bagi bayi, berikut adalah beberapa di antaranya.

BCG (Bacille Calmette Guérin)

Vaksin BCG diberikan kepada bayi guna mencegah penyakit tuberkulosis atau TBC yang disebabkan oleh virus tubercle bacii . Vaksin BCG diberikan satu kali, pada bayi antara usia 2-3 bulan.

Hepatitis B

Vaksin hepatitis B diberikan guna mencegah masuknya virus hepatitis B. Virus ini dapat menyebabkan bayi terkena kerusakan hati. Vaksin ini biasanya diberikan sebanyak tiga kali, yaitu dalam waktu 12 jam setelah lahir, usia 1 bulan, dan pada usia 6 bulan.

Polio

Vaksin polio bermanfaat untuk menghindarkan bayi dari bahaya penyakit polio. Vaksin polio dapat mulai diberikan saat kunjungan pertama setelah bayi dilahirkan. Selanjutnya, vaksin ini diberikan 3 kali, saat bayi berusia 2, 4, dan 6 bulan. Pemberian vaksin ini akan diulang kembali pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

DPT ( Difteri, Pertusis, dan Tetanus)

Vaksin DPT diberikan untuk membentuk sistem imun bayi terhadap 3 penyakit sekaligus yaitu difteri, pertusis, dan tetanus. Vaksin ini diberikan pertama kali saat bayi berusia 2 bulan, kemudian saat bayi berusia 4 dan 6 bulan. Selanjutnya pemberian vaksin akan diulang kembali ketika berusia 18 bulan dan 5 tahun.

Campak

Vaksin campak digunakan untuk mencegah bayi terserang virus campak. Pada dasarnya, tanpa imunisasi campak, bayi sudah mendapatkan sistem imun dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, sistem imun dari ibu menurun sehingga bayi memerlukan vaksin untuk mencegah penyakit campak. Vaksin campak dapat diberikan saat anak berusia 9 bulan.

Selain itu, beberapa vaksin lainnya yang disarankan, antara lain: Rotavirus, HIB, PCV (Pneumokokus), Influenza, MMR (Measles, Mumps, Rubella), Tifoid, Hepatitis A, dan Varisela.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat